Kejamkah perumpamaan tentang pohon ara?

View previous topic View next topic Go down

Kejamkah perumpamaan tentang pohon ara?

Post by Kiyoharu_michael on Fri Jul 25, 2008 7:21 pm

Sudah lama tidak ngepost thread baru berhubung kesibukan yang memadat, tp tidak seenak jidat dan bukan tentang bodat... *Nyambung ga c?* flattered
Hiks2... br mw ngepost ud ada cobaan. Ud ketik panjang2 keklik my yahoo yang ada di atas... Jadinya ngulang lg deh ngetiknya... mewek

Back 2 the point, sumbernya dari Matius 21
(ayat 18) Pada pagi-pagi hari dalam perjalanan-Nya kembali ke kota, Yesus merasa lapar. (18) Pagi-pagi keesokan harinya, dalam perjalanan kembali ke kota, Yesus lapar.
(ayat 19) Dekat jalan Ia melihat pohon ara lalu pergi ke situ, tetapi Ia tidak mendapat apa-apa pada pohon itu selain daun-daun saja. Kata-Nya kepada pohon itu: "Engkau tidak akan berbuah lagi selama-lamanya!" Dan seketika itu juga keringlah pohon ara itu.

Pertama kali baca ayat ini g berpikir, koq kejam banget cm gara2 phonnya ga berbuah lgsg dikutuk. Bs aj kan emg kebetulan bkan musim berbuahnya...
Ada blog yang menanggapi
Tetapi apa yang terjadi? Apakah Anda berbuah? Sudahkah Anda berbuah lebat dan baik? Jika buah Anda masih sedikit, hasilkan buah yang lebih banyak dan lebih baik. Atau jika Anda sama sekali tidak berbuah, maka nasib Anda akan seperti pohon ara yang dikutuk oleh Yesus. Hidup Anda akan menjadi kering dan mati.
Akhirnya bulan-bulan berlalu, musim-musim terlewati, waktu pun bergulir...
Pada suatu ketika g mendengarkan khotbah Joyce Meyer yang kebetulan menyinggung tentang ayat ini...
Ternyata pohon ara itu klo ada daunnya pasti ud berbuah coz buahnya ada di bawah daun.
Tuhan Yesus bukannya kejam n langsung main kutuk seenaknya aj.
Dari kejauhan Tuhan Yesus ud ngeliat ada pohon ara yang berdaun, berarti otomatis harusnya berbuah...
Dan jelas banget di sini di tulis pohon ara itu tidak berbuah, bukan berbuah dikit... Klo berbuah dikit bs jadi buahnya uda dipetik sm penduduk sekitar.
Nah sbnernya maksud perumpamaan ini adalah kita jgn jadi orang Kristen yang cm berlabel Kristen, tp ga da buahnya. Orang2 Kristen pasti berbuah krn ALkitab katakan kita bisa membedakan mereka dari buahnya.
Sering bgt kita pk accessories & ornamen2 Kristen, bahkan klo ngmg pk "Christianese" a.k.a bahasa Kristen seperti "Puji Tuhan! Haleluya!", pdhl hidup kita sm sekali ga menghasilkan buah. Kalau begitu kita sm aj ky orang Farisi. Ranting2 yang ga berbuah akan dipangkas...
Kita harus memangkas segala kekurangan n keegoisan kita supaya hidup kita berbuah. Kita harus mau membayar harganya untuk tampil beda dgn dunia. Mskipun itu berarti kita dicemooh, atw orang2 blg kita fanatik. Jgn salah berani tampil beda ga berarti kita fanatik. Fanatik itu identik dgn menganggap tinggi golongan sendiri, merendahkan golongan lain. Bahkan ga jarang aksi2 fanatik ini diikuti aksi anarki. Dalam buah2 roh ga ada kekerasan, yang ada kelemahlembutan.
Tp g yakin di sini ga ada ky pohon ara itu. Ga ada yang mw ngaku... Hehehe...
Semoga bahasan ini membantu tmen2 skalian. Klo ada yg blm membuat kputusan bt berubah putuskan skrg jg. Jgn lakukan lg hal2 yang mendukakan hati Tuhan... Tunjukkan kalau kita ini utusan-utusan Kristus.
fyi

_________________




-If I do what I can do God will do what i can't do-

.: 夢幻の泥棒 :.

Kiyoharu_michael
DV administrator
DV administrator

Male
Number of posts : 298
Age : 27
Location : Batavia
Registration date : 2008-06-27

View user profile http://deus-vult.friendhood.net

Back to top Go down

Re: Kejamkah perumpamaan tentang pohon ara?

Post by danz on Sat Jul 26, 2008 8:31 am

tentang bodat

bodat = .... thinking3

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Kejamkah perumpamaan tentang pohon ara?

Post by aureaflamma on Sat Jul 26, 2008 8:41 am

hmm klo mnurut gw, Tuhan Yesus kn klo ngajar slalu pake perumpamaan, jadi masalah pohon ara ini jg jgn dianggap secara harafiah. klo gw lbh nanggepinny gn:

pohon ara ni mirip perumpamaan gadis bijaksana n gadis bodoh, intinya, ktika Tuhan "menagih buah-buah kita", kita harus siap dgn buah-buah kita. tp note bahwa Tuhan Yesus berkata pada pohon ara "Engkau tidak akan berbuah lagi selama-lamanya!" bukan "Engkau akan mati!", artiny sebesar apapun dosa kita tetep Tuhan tu ngasi kesempatan bwt ngelanjutin hidup kita... ihik2 Tuhan baik skali....
jesus sign

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 357
Age : 27
Location : Bandung
Registration date : 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Kejamkah perumpamaan tentang pohon ara?

Post by danz on Sat Jul 26, 2008 9:06 am

artiny sebesar apapun dosa kita tetep Tuhan tu ngasi kesempatan bwt ngelanjutin hidup kita... ihik2 Tuhan baik skali....
tapi tetep aja kk momod, kita g berbuah. mana ada org Kristen yg g mau berbuah.
huaa

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Kejamkah perumpamaan tentang pohon ara?

Post by Kiyoharu_michael on Sat Jul 26, 2008 11:05 am

Hmhm... Tidak berbuah *sekali lg ditekankan* bkan berbuah dikit...
Ga ada orang Kristen yang ga berbuah...
Sbnrnya saat kita nerima Kristus sbg Jruslamat kita kan spt lahir baru lg...
Memang mgkin masi sk kbawa2 gt keinginan daging qt, tp pasti ada perasaan bersalah.
Krn Alkitab sndiri kan bilang apa bedanya kita sm nabi2 palsu yang mengatasnamakan Yesus? Buahnya...
jesus sign

_________________




-If I do what I can do God will do what i can't do-

.: 夢幻の泥棒 :.

Kiyoharu_michael
DV administrator
DV administrator

Male
Number of posts : 298
Age : 27
Location : Batavia
Registration date : 2008-06-27

View user profile http://deus-vult.friendhood.net

Back to top Go down

Re: Kejamkah perumpamaan tentang pohon ara?

Post by aoedie on Sun Jul 27, 2008 5:08 pm

hm.. perumpamaan ini mirip ya sama perumpamaan ttg talenta...

ttg hamba2 yang di tinggal Tuannya,, namun ada yang diberikan 5 talenta, 2 talenta dan 1 talenta.
saat si pemegang telenta 1 menguburkan talentanya ke tanah, Tuannya tsb berkata bahwa Ia akan mengambil semuanya yang di miliki oleh sang pemegang talenta 1 itu..

mungkin Tuhan pengen, spt kata bang admin, kita smua ini mengusahakan apa yang udah Tuhan kasih, kemampuan2 yg udh Dia kasih buat kita, biar kita ga mubasir hidup di dunia ini.. gitu sih pendapatku..

aoedie
DV moderator
DV moderator

Female
Number of posts : 164
Age : 23
Location : bandoenk
Registration date : 2008-07-12

View user profile

Back to top Go down

Re: Kejamkah perumpamaan tentang pohon ara?

Post by danz on Tue Jul 29, 2008 5:55 pm

setuju2 ama apa kata kk aoedie..
apakah buah2 disini termasuk buah2 roh? kl termasuk walaupun cuma 1 kita tetap berbuah donk yah...
hmm, tapi percuma juga kl cuma 1. apa bedanya ma org2 yg g kenal Kristus kl cuma 1. ayo kita semangat berbuah lebih banyak lagi...
semangat

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Kejamkah perumpamaan tentang pohon ara?

Post by aoedie on Tue Jul 29, 2008 8:13 pm

setuju2 ama apa kata kk aoedie..

tolong jangan panggil saya kk...

hm hm hm...

stuju!! kita harus ngembangin diri kita ke arah yang lebih baik lagi...
biar ga mubasir tuh semua yang udh Tuhan kasih.. claps

aoedie
DV moderator
DV moderator

Female
Number of posts : 164
Age : 23
Location : bandoenk
Registration date : 2008-07-12

View user profile

Back to top Go down

Re: Kejamkah perumpamaan tentang pohon ara?

Post by danz on Fri Aug 01, 2008 10:42 am

setuju...
tolong donk cc2 semua *karena g boleh manggil kk*
kasih tips2 buat qt bs lebih baik lagi. yg sederhana n ada di contoh hari2 aja.
attracted

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Kejamkah perumpamaan tentang pohon ara?

Post by tokine on Fri Aug 01, 2008 11:13 pm

danz wrote:setuju...
tolong donk cc2 semua *karena g boleh manggil kk*
kasih tips2 buat qt bs lebih baik lagi. yg sederhana n ada di contoh hari2 aja.
attracted

menarik napas dalam2 sebelum berargumen / mengatakan sesuatu yang buruk kepada orang lain ehehe

tokine
DV junior member-A
DV junior member-A

Female
Number of posts : 142
Location : Jakarta
Registration date : 2008-07-16

View user profile

Back to top Go down

Re: Kejamkah perumpamaan tentang pohon ara?

Post by aoedie on Sat Aug 02, 2008 8:26 am

hm.. kalau pengen menilai suatu perbuatan, entah perbuatan orang lain atau perbuatan kita sendiri, posisikan dulu kita di orang tersebut. kalau kita mau ngomel dan ga bisa terima apa yang udah dia lakuin, atau kita mau ngelakuin sesuatu ma dia (kritik atau ngomong kasar), anggap kita adalah dia, apakah kita akan senang jika di gituin? apa ga bakal sakit hati??

gitu sih kayaknya ya... lalala

aoedie
DV moderator
DV moderator

Female
Number of posts : 164
Age : 23
Location : bandoenk
Registration date : 2008-07-12

View user profile

Back to top Go down

Re: Kejamkah perumpamaan tentang pohon ara?

Post by aureaflamma on Sat Aug 02, 2008 7:45 pm

aoedie wrote:atau kita mau ngelakuin sesuatu ma dia (kritik atau ngomong kasar)

IMHO, kritik, sgimanapun ga enakny kudu kita coba bwt trima. coz dr kritik pedas justru sering muncul perbaikan bwt kita ke depanny. memang susah, palagi bnyk yg kalo ngasi kritik ga tanggung2 main ceplas ceplos dar der dor duar. tp hrs dicoba. kalo ga y kita ga maju2.

gt c mnuurt g,,... ehehe

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 357
Age : 27
Location : Bandung
Registration date : 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Kejamkah perumpamaan tentang pohon ara?

Post by aoedie on Sat Aug 02, 2008 10:20 pm

iya sich...

btul jg, tapi kalau kata saya, kadang kritik juga harus liat sikon.. ga enak kan kalau langsung duuuuaaaaaarrrrrrrr... gt...

bisa jadi bukannya membangun, malah ngancurin harepan.. soalnya ada orang yang kalau nerima kritikan pedes kayak cabe merah 5 karung, bukannya berusaha buat brubah, tapi malah hopeless..
gyaa
tapi kalau kita biarin aja dia ga mau di kritik,, brarti kia udah bikin dia tambah manja
nah itulah sulitnya.. krik2

aoedie
DV moderator
DV moderator

Female
Number of posts : 164
Age : 23
Location : bandoenk
Registration date : 2008-07-12

View user profile

Back to top Go down

Re: Kejamkah perumpamaan tentang pohon ara?

Post by aureaflamma on Sun Aug 03, 2008 10:38 am

ya jg c stuju. emang dasar kita manusia, membingungkan.... are

tp yg gw maksud seblomny iz sikap kita kalo menerima kritik, jd sepedas apapun org ngritik kita, walaupun marah juga minimal kita renungkan, bnr ga c apa yg dibilang orang? fyi

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 357
Age : 27
Location : Bandung
Registration date : 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Kejamkah perumpamaan tentang pohon ara?

Post by danz on Tue Aug 05, 2008 3:09 pm

emang lebih mudah c mngkritik ketimbang memperbaiki perilaku yg dikritik.
kill
maka dari itu jg kita hidup g bisa sendiri. musti ada org yg perhatiin kita, supaya kita g jatuh pada lubang yg sama kaya keledai...
dead

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Kejamkah perumpamaan tentang pohon ara?

Post by Kiyoharu_michael on Sat Aug 09, 2008 9:42 am

Kristen itu relasi bkan religi, makanya kita harus hati2 lho. Bs aj kita sering ke gereja atw pelayanan tp kita ga merasakan relasi dgn Tuhan itu sendiri. G rasa ini yang paling tepat untuk menyimpulkan perumpamaan ini. Ini termasuk metode iblis yang paling ampuh. Dy ngebiarin kt ke gereja tp ga dibiarin kita membangun relasi dgn Tuhan di dalam Kristus. Bt kritik terkadang kita mesti menahan diri utk ga mengkritik jg lho. Klo kritik kita ga membangun tp menghancurkan mending jgn dikritik dl. Semua ada waktunya... fyi
Cm kdg emg sk ga sabar c pgn lgsg mengkritik smuanya... dracula

_________________




-If I do what I can do God will do what i can't do-

.: 夢幻の泥棒 :.

Kiyoharu_michael
DV administrator
DV administrator

Male
Number of posts : 298
Age : 27
Location : Batavia
Registration date : 2008-06-27

View user profile http://deus-vult.friendhood.net

Back to top Go down

Re: Kejamkah perumpamaan tentang pohon ara?

Post by danz on Mon Aug 11, 2008 3:43 am

Btl, kl g membangun mndg g usah ngeritik.

Back to topic.
Kynya pohon ara lbh eksis ktmbng pohon2 yg laen.
Ayo sapa yg bs ngebahas fenomena ini...

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Kejamkah perumpamaan tentang pohon ara?

Post by Sponsored content Today at 4:35 pm


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum