Beberapa makanan termahal di dunia

Page 1 of 4 1, 2, 3, 4  Next

View previous topic View next topic Go down

Beberapa makanan termahal di dunia

Post by aureaflamma on Wed Jul 23, 2008 6:56 pm

1. Kaviar Beluga (Rp 45.000.000,- /kg)

Kaviar Beluga adalah makanan termahal di dunia, harganya mencapai Rp 45juta per kilogram. Kaviar adalah telur ikan; tetapi telur ikan yang ini berasal dari ikan jenis Beluga Sturgeon, hidup kebanyakan di Laut Kaspia. Dapat memakan waktu sampai 20 tahun agar seekor Beluga Sturgeon mencapai ukuran maksimumnya dan beratnya bisa mencapai 2 ton. Telur ikan ini adalah yang terbesar yang digunakan untuk kaviar. Beluga biasanya berwarna ungu samapi hitam, yang lebih pucat harganya lebih mahal. Kaviar Beluga biasanya disajikan tanpa ditambah apa-apa karena sudah tidak perlu menambahkan rasa lagi. Kalau kamu belum pernah merasakan kaviar, ketika digigit tiap telur pecah dan mengeluarkan rasa sedikit asin-amis.

2. Kuma-kuma (Rp 36.000.000,- /kg)

Kuma-kuma adalah rempah paling mahal di dunia, mencapai harga di atas Rp 36juta/kilogram (tergantung musim). Kuma-kuma adalah ketiga putik dan tangkai putik dari bunga Crocus sativus. Setiap putik dan batang putik harus dipetik dengan tangan, dan dibutuhkan ribuan bunga untuk mendapatkan 1 ons saja dari rempah ini. Warnanya kuning terang, dan dbiasa digunakan untuk pewarna makanan dan untuk menambah rasa. Rasanya agak pahit dan wanginya seperti jerami.

3. Truffle Putih (Rp 24.000.000,- sampai Rp 48.000.000,- /kg)

Truffle termasuk famili jamur ascomycetes dan hidup di bawah tanah dan terkenal karena harganya yang mahal. Wanginya mirip kacang goreng yang bisa jadi tidak enak bagi sejumlah orang. Menariknya, ada orang yang tidak bisa mencium bau truffle. Truffle putih adalah yang termahal. Biasanya disajikan dengan dipotong tipis-tipis dan diletakkan di atas makanan lain, sering juga diperas untuk dijual minyaknya.

4. Daging Sapi Kobe (Rp 5.400.000,- /kg)

Daging Sapi Kobe Asli (神戸ビーフ)- didapat dari jenis sapi Wagyu Tajima-ushi hitam- dihasilkan hanya di prefektur Hyōgo di Jepang. Sapi ini dipelihara dengan tradisi yang ketat dan rahasia. Ia diberi makan bir dan gandum supaya menghasilkan daging yang lembut dan berlemak yang mampu menyaingi tekstur foie gras. Harganya mencapai Rp 5,4 juta/ kilogram. Jenis sapi ini menghasilkan lebih banyak oleaginous (lemak tak jenuh) daripada sapi manapun di dunia. Trik lainny dari produksi sapi ini adalah dengan peminjatan rutin oleh manusia setiap harinya.

6. Sarang Burung Walet (Rp 18.000.000,- /kg)

Sarang yang dimaksud adalah sarang burung sejenis walet, terutama walet gua yang membuat sarang dengan menggunakan ludahnya yang mengandung zat kimia yang mengeras jika terkena udara. Sarang burung walet merupakan makanan mewah di Cina dan salah satu produk hewan yang dimakan manusia. Biasanya disajikan dalam bentuk sup tapi dapat juga dibuat jadi gula-gula. Jika idcampur air, tekstur sarang menjadi seperti agar. Rasanya getah dan teksturnya kenyal.

6.Fugu (Rp 900.000,- sampai Rp 1.800.000,- /ekor)

Fugu (ふぐ) adalah sejenis ikan kembung Jepang dan juga nama sejenis masakan Jepang yang terbuat dari ikan kembung tersebut. Fugu mengandung racun dan jika disajikan secara salah bisa menyebabkan kematian (ada beberapa kasus kematian karena konsumsi Fugu di Jepang tiap tahunnya). Satu sendok teh racun fugu cukup untuk membunuh seorang manusia dewasa. Ini adalah salah satu masakan paling terkenal di Jepang. Untuk mempersiapkan ikan ini untuk dimakan manusia, seorang koki Jepang harus melalui latihan keras dan harus memperoleh sertifikat. Biasanya disajikan sedemikian rupa sehingga racunnya masih tersisa sedikit sekaku, agar memberikan sedikit rasa mati rasa dan tajam di mulut.

7. Foie Gras (Rp 900.000/kg)

Kedua setelah kaviar, foie gras adalah makanan terbaik yang ada dalam masakan Barat. Berupa hati bebek (foie gras de canard) atau hati angsa (foie gras d'oie). Dihasilkan dengan metode yang disebut gravage, yaitu menyuapi dengan paksa hewan yang bersangkutan dengan corong pada tenggorokannya. Bebek dan angsa memiliki anatomi tubuh yang membuat proses ini tidak menyakitkan bagi mereka. Hatinya akan mebesar sampai beberapa kali ukuran asli dan mengandung banyak lemak.Tekstur foie gras mirip dengan mentega dengan rasa seperti tanah. Foie gras biasa dimakan mentah sebagai Pate mentah, tapi bisa juga dimasak sebentar untuk memberikan rasa yang lebih meresap. Sayangnya makanan ini memiliki kontroversi, bahkan dilarang di beberapa kota di AS. Tapi di Eropa dan bagian dunia lain makanan ini legal.

8. Lobster (Rp 127.000,-/kg)

Lobster berasal dari keluarga Crustacea laut dan menghasilkan Rp 16,2trilliun dalam industri makanan laut dunia tiap tahun. Lobster hidup di daerah berbatu, berpasir, atau dasar laut berlumpur dari pantai sampai ujung lempeng benua-benua. Biasanya mereka hidup di gua-gua atau lubang di bawah batu. Cara penyajian yang biasa dilakukan adalah menjatuhkan binatang ini ke panci berisiair mendidih yang akan membunuhnya dengan sangat cepat. Dagingnya kemudian disajikan dengan mentega cair agar tidak mengalahkan rasa asli dari dagingnya.

9. Matsutake (Rp 18.000.000,-/kg)

Matsutake (松茸) adalah nama sekelompok jamur di Jepang. Jamur ini sudah menjadi bagian penting dari makanan Jepang sejak 1000 tahun yang lalu. Tradisi memberi jamur masih ada sampai sekarang di dunia usaha Jepang, dan hadiah berupa matsutake dianggap sangat istimewa dan akan disimpan baik-baik oleh yang menerimanya. Panen matsutake di Jepang sekarang ini kurang dari 1000 ton/tahun, dan biasanya sudah termasuk impor dari Cina, Korea, dan Kanada; ini disebabkan sulitnya memanen jamur ini. Jamur matsutake di awal musim panen, yaitu dengan kualitas terbaik, dapat mencapai Rp 18juta/kilogram.

NB: semua harga bisa jauh lebih murah bila dibeli di tempat penghasilnya.
Sumber: http://listverse.com/miscellaneous/top-10-luxury-foods/
Terjemahan oleh aureaflamma

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts: 357
Age: 25
Location: Bandung
Registration date: 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Beberapa makanan termahal di dunia

Post by Kiyoharu_michael on Wed Jul 23, 2008 8:59 pm

Waks... Mahal2 amatz??? dizzy
Tp kynya g cm tertarik sm daging sapi Kobe aj... Yg lainnya dari deskripsi rasanya tampaknya kurang menarik. Btw truffle itu yang ada di harvest moon bkan y? Yg adanya di fall trs termasuk fav nya Karen. yes

_________________




-If I do what I can do God will do what i can't do-

.: 夢幻の泥棒 :.

Kiyoharu_michael
DV administrator
DV administrator

Male
Number of posts: 298
Age: 25
Location: Batavia
Registration date: 2008-06-27

View user profile http://deus-vult.friendhood.net

Back to top Go down

Re: Beberapa makanan termahal di dunia

Post by tokine on Wed Jul 23, 2008 10:19 pm

Waks... cuman tertarik sm lobster aja attracted tapi foie grass seram banget ya... caviar juga... apa enaknya sih are

tokine
DV junior member-A
DV junior member-A

Female
Number of posts: 142
Location: Jakarta
Registration date: 2008-07-15

View user profile

Back to top Go down

Re: Beberapa makanan termahal di dunia

Post by aureaflamma on Wed Jul 23, 2008 10:38 pm

Kiyoharu_michael wrote:Btw truffle itu yang ada di harvest moon bkan y? Yg adanya di fall trs termasuk fav nya Karen. yes

yap benar skali!! anda masi inget ja ma harvest moon bang admin. katanya c ni jamur plg enak di dunia (tp plg mahal jg) whuush

tokine wrote:caviar juga... apa enaknya sih

klo kata kenalan gw yg dah prnh makan c rasanya mirip pasir.... ugh.... wahaha

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts: 357
Age: 25
Location: Bandung
Registration date: 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Beberapa makanan termahal di dunia

Post by tokine on Wed Jul 23, 2008 10:46 pm

pantesan kalo makan steak Jepang / wagyu steak di Tamani mahal ya.... ternyata daging sapi kobenya aja mahal dan miaranya ribet gitu mewek

jualan wagyu bisa cuan gede tuh counting money

tokine
DV junior member-A
DV junior member-A

Female
Number of posts: 142
Location: Jakarta
Registration date: 2008-07-15

View user profile

Back to top Go down

Re: Beberapa makanan termahal di dunia

Post by Kiyoharu_michael on Thu Jul 24, 2008 12:21 am

Tp bumbunya Tamani koq kurang enak y?
Bayarnya lbih ga enak lg... rain
Yang dari Indonesia sndiri ga ada yang mahal2 ya?
Uda murah2, bergizi pula. Emg negaraku tercinta... lophe2

_________________




-If I do what I can do God will do what i can't do-

.: 夢幻の泥棒 :.

Kiyoharu_michael
DV administrator
DV administrator

Male
Number of posts: 298
Age: 25
Location: Batavia
Registration date: 2008-06-27

View user profile http://deus-vult.friendhood.net

Back to top Go down

Re: Beberapa makanan termahal di dunia

Post by aureaflamma on Thu Jul 24, 2008 5:44 pm

jgn lupa kalo indonesia tu terkenal akan rempah2nya. cmn krn kita tinggal di tempat penghasil, jadi ga trasa mahal aja. merica misalnya termasuk rempah paling mahal, tapi di sini? di warung deket rumah gw jg jual....
happy

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts: 357
Age: 25
Location: Bandung
Registration date: 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Beberapa makanan termahal di dunia

Post by danz on Fri Jul 25, 2008 8:41 am

hmm... penasaran ma daging kobe gw.

tapi katanya sirip ikan hiu juga mahal yah kl asli. soalnya sekarang banyak yg di palsukan.

ada infonya g bang momod??
araara

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts: 459
Age: 25
Location: Jakarta City
Registration date: 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Beberapa makanan termahal di dunia

Post by danz on Fri Jul 25, 2008 8:43 am

Uda murah2, bergizi pula. Emg negaraku tercinta...

bener2... counting money

tapi kok jarang yah makanan Indonesia populer di kancah Internasional??

bang momod bisa kasih info g, makanan asli Indonesia yg terkenal di 'luar' apa aja? happy

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts: 459
Age: 25
Location: Jakarta City
Registration date: 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Beberapa makanan termahal di dunia

Post by aureaflamma on Fri Jul 25, 2008 11:19 am

sirip ikan hiu (mentah) bisa terjual seharga Rp 1,15juta/kg...

emang mahal c, soale emang kasian c hiuny, abis dipotong siripny trs dibuang lg ke laut (dagingny ga laku dijual). krn itu populasi ikan hiu terancam oleh bisnis sirip ikan hiu

klo makanan indonesia yg cukup "terkenal", menurut Wikipedia c macem rendang, sate, n ternyata TEMPE!! (gw ndiri br tau)

klo kt temen gw yg kul di belanda, di sn jg lumayan beken rmh makan indonesia dgn menu ky di sini

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts: 357
Age: 25
Location: Bandung
Registration date: 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Beberapa makanan termahal di dunia

Post by aureaflamma on Fri Jul 25, 2008 11:21 am

btw sirip hiu palsu tu dibikin pake so'un, n klo di luar harganya US$1,5 (14rb-an lah) semangkok

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts: 357
Age: 25
Location: Bandung
Registration date: 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Beberapa makanan termahal di dunia

Post by aoedie on Fri Jul 25, 2008 9:36 pm

oia.. ada yang pernah makan daging hiu kecil??

aku udah,, kalau bener itu hiu asli ya.. rasanya jauh lebih lembut dari ikan biasa, agak sedikit lebih tawar, bau amisnya beda dari ikan biasa.. tapi,, seperti keju, jika kebanyakan akan menyebabkan ke enegan...

hehehe...
smga menambah wawasan ya!!! nari

aoedie
DV moderator
DV moderator

Female
Number of posts: 164
Age: 20
Location: bandoenk
Registration date: 2008-07-12

View user profile

Back to top Go down

Re: Beberapa makanan termahal di dunia

Post by aureaflamma on Sat Jul 26, 2008 8:33 am

aoedie wrote:oia.. ada yang pernah makan daging hiu kecil??

aku udah,, kalau bener itu hiu asli ya.. rasanya jauh lebih lembut dari ikan biasa, agak sedikit lebih tawar, bau amisnya beda dari ikan biasa.. tapi,, seperti keju, jika kebanyakan akan menyebabkan ke enegan...

hehehe...
smga menambah wawasan ya!!! nari

hah hiu kecil dimakan y? baru tau....

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts: 357
Age: 25
Location: Bandung
Registration date: 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Beberapa makanan termahal di dunia

Post by danz on Sat Jul 26, 2008 9:10 am

gw juga baru tau...
kl telur penyu...? sapa yg pernah makan? gw blm pernah.

hmmm.... sekalian nanya neh...
kl daging ikan salmon enakan diapain yah yg enak??

cold

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts: 459
Age: 25
Location: Jakarta City
Registration date: 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Beberapa makanan termahal di dunia

Post by aureaflamma on Sun Jul 27, 2008 9:48 am

telur penyu bukanny udah ilegal ya? penyu kan binatang yg dilindungi

salmon? diasap/dibakar ja, bumbuny kalo mau plg gampang pake air+bawang putih+garem. klo salmon disop ato digoreng kurang trasa "mahal"ny si ikan.....

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts: 357
Age: 25
Location: Bandung
Registration date: 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Page 1 of 4 1, 2, 3, 4  Next

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum