Tips simpel dalam matematika

View previous topic View next topic Go down

Tips simpel dalam matematika

Post by aureaflamma on Thu Jul 17, 2008 8:54 pm

Diambil dari http://www.listverse.com
terjemahan oleh aureaflamma

1. Trik Perkalian 11
Kita tahu trik untuk perkalian dengan 10 -tinggal tambah 0 di belakang angkanya, tapi tahu ngga ada trik untuk mengalikan angka 2 digit dengan 11? Nih:
Ambil angka yang akan dikali 11 trs bayangkan ada celah diantaranya (dalam contoh ini kita pakai angka 52):
5_2
Sekarang tambahkan 2 angka itu dan taruh di tengah:
5_(5+2)_2
Ya sudah, jawabannya: 572.
Jika jumlah angka ditengah mencapai 2 digit, masukkan aja digit kedua n tambahkan 1 ke angka pertama:
9_(9+9)_9
(9+1)_8_9
10_8_9
1089 - Ini selalu berhasil

2. Kuadrat Kilat
Jika kamu ingin menguadratkan angka 2 digit yang berakhir dgn 5, bisa dilakukan dgn gampang sekali pakai trik ini. Kalikan digit pertama dengan angka itu ditambah 1, dan tempelkan 25 di belakangnya. Sudah selesai!
25 kuadrat = (2x(2+1)) & 25
2 x 3 = 6
625

3. Kalikan dengan 5!
Kebanyakan orang menghapal tabel perkalian dgn 5 dgn mudah, tapi kalau sudah mencapai angka besar pasti jadi lebih rumit - masa sih? Trik ini sangat mudah.
Ambil angka yang mau dikali, lalu bagi dengan 2 (dengan kata lain, setengah dari angka itu). Kalau hasilnya pas, tambahkan 0. Kalau bersisa, buang sisanya dan tambahkan 5 di belakangnya. Ini selalu berhasil:
2682 x 5 = (2682 / 2) & 5 atau 0
2682 / 2 = 1341 (tidak bersisa, jadi tambah 0)
13410
Kita coba yang laen:
5887 x 5
2943.5 (bersisa, jadi buang sisanya, tambah 5)
29435

4. Kalikan dengan 9!
Yang ini simpel - untuk mengalikan angka manapun antara 1 dan 9 dengan 9 angkat kedua tanganmu ke depan mata - tutup jari yang sesuai dengan angka yang akan dikali (misal 9x3, maka tutup jari ke-3) - hitung jari sebelum yang ditutup (dalam kasus 9x3 ada 2) lalu hitung juga jari setelah yang ditutup (dalam kasus ini 7) - jawabannya 27.

5. Kalikan dengan 4!
Ini trik simpel yang mungkin udah diketahui banyak orang, tapi ada juga yang blom tau. Triknya adalah dengan mengalikan dengan 2, lalu kalikan lagi dengan 2:
58 x 4 = (58 x 2) + (58 x 2) = (116) + (116) = 232

6. Menghitung Tip
Kalau kamu ingin memberi tip 15%, ada cara mudah buat menghitungnya. Hitung 10% (bagi dengan 10) - lalu tambahkan angka itu pada setengah dari angka itu, dan kamu mendapat jawabannya:
15% dari Rp 25000,- = (10% dari 25000) + ((10% dari 25000) / 2)
Rp 2500 + Rp 1250 = Rp 3750,-

7. Perkalian Sulit
Kalau kamu ingin mengalikan angka-angka yang besar dan salah 1 nya genap, kamu bisa melakukan subdivisi untuk menjawabnya:
32 x 125, sama dengan:
16 x 250 sama dengan:
8 x 500 sama dengan:
4 x 1000 = 4000

8. Membagi dengan 5
Membagi angka besar dengan 5 sebenarnya cukup mudah. Cukup kalikan dengan 2 lalu geser komanya ke depan:
195 / 5
Langkah 1: 195 x 2 = 390
Langkah 2: Pindah komanya: 39.0 atau 39
2978 / 5
Langkah 1: 2978 x 2 = 5956
Langkah 2: 595.6

9. Mengurangi dari 1000
Untuk mengurangi angka yang besar dari 1000, bisa digunakan aturan dasar ini: kurangi semua kecuali angka terakhir dari 9, lalu kurangi angka terakhir dari 10:
1000
-648
Langkah 1: kurangi 6 dari 9 = 3
Langkah 2: kurangi 4 dari 9 = 5
Langkah 3: kurangi 8 dari 10 = 2
Jawaban: 352

smoga membantu mereka yang masih berjuang dgn matematika fyi

(ehem g jg masi berjuang dgn matematika c)

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 357
Age : 27
Location : Bandung
Registration date : 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Tips simpel dalam matematika

Post by aoedie on Sat Jul 19, 2008 9:14 am

a... a.... kk ga bingung ya nerjemahinnya?? saya aja yang liat dalam bahasa ibu udah bingung..
aduh... saya sakit kepala... lembur

aoedie
DV moderator
DV moderator

Female
Number of posts : 164
Age : 23
Location : bandoenk
Registration date : 2008-07-12

View user profile

Back to top Go down

Re: Tips simpel dalam matematika

Post by aureaflamma on Sat Jul 19, 2008 12:46 pm

demi membantu sesama yang menderita di bwh jajahan mata pelajaran matematika!!!! semangat

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 357
Age : 27
Location : Bandung
Registration date : 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Tips simpel dalam matematika

Post by Kiyoharu_michael on Sun Jul 20, 2008 12:21 am

Blm slesai baca aj uda sakit kepala g... mewek
Mending pake kalkulator aj...

_________________




-If I do what I can do God will do what i can't do-

.: 夢幻の泥棒 :.

Kiyoharu_michael
DV administrator
DV administrator

Male
Number of posts : 298
Age : 27
Location : Batavia
Registration date : 2008-06-27

View user profile http://deus-vult.friendhood.net

Back to top Go down

Re: Tips simpel dalam matematika

Post by tokine on Sun Jul 20, 2008 12:32 am

Kiyoharu_michael wrote:Blm slesai baca aj uda sakit kepala g... mewek
Mending pake kalkulator aj...

iyaaaa shock
tapi buat yang masi pelajar and gak boleh pake kalkulator berguna tuh wee

tokine
DV junior member-A
DV junior member-A

Female
Number of posts : 142
Location : Jakarta
Registration date : 2008-07-16

View user profile

Back to top Go down

Re: Tips simpel dalam matematika

Post by aoedie on Sun Jul 20, 2008 11:16 am

tokine wrote:tapi buat yang masi pelajar and gak boleh pake kalkulator berguna tuh

saya banget tuh..

emank sih..
berguna banget...

wah2...

aduh.. ntah kenapa.. tiap liat angka.....

saya jadi mual...

urgh... hoeks

aoedie
DV moderator
DV moderator

Female
Number of posts : 164
Age : 23
Location : bandoenk
Registration date : 2008-07-12

View user profile

Back to top Go down

Re: Tips simpel dalam matematika

Post by danz on Mon Jul 21, 2008 6:34 am

bang momod...
boleh neh minta les lewat thread ini...
itung2 cuma bayar tagihan internet g bayar gurunyanya...
counting money

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Tips simpel dalam matematika

Post by aureaflamma on Mon Jul 21, 2008 8:19 am

danz wrote:bang momod...
boleh neh minta les lewat thread ini...
itung2 cuma bayar tagihan internet g bayar gurunyanya...
counting money

wkwkwk mendingan buat bagi2 ilmu ja, coz gw ndiri sucks at maths
monyet

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 357
Age : 27
Location : Bandung
Registration date : 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Tips simpel dalam matematika

Post by danz on Mon Jul 21, 2008 3:03 pm

wkwkwk mendingan buat bagi2 ilmu ja, coz gw ndiri sucks at maths

intinya menuh2in thread donk akang momod?? whuush

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Tips simpel dalam matematika

Post by aureaflamma on Mon Jul 21, 2008 10:59 pm

menuh2in thread asal dgn yg berguna c gpp! ya kan!
semangat

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 357
Age : 27
Location : Bandung
Registration date : 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Tips simpel dalam matematika

Post by danz on Wed Jul 23, 2008 10:19 am

menuh2in thread asal dgn yg berguna c gpp! ya kan!

mudah2an bukan usaha buat ngeles dari bang momod.

araara

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Tips simpel dalam matematika

Post by Sponsored content Today at 3:03 am


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum