Holy Trinity

View previous topic View next topic Go down

Holy Trinity

Post by Kiyoharu_michael on Tue Jul 08, 2008 12:10 am

Sblm baca topik ni da 3 poin yang mesti tmen2 inget:
1. Akal manusia itu terbatas jadi kalau kalian ingin tahu lbih dalam ttg Tuhan anggeplah kalian pgn kenal Dia lebih dalam lagi (jgn terlalu bergantung sm logika kalian) & kalau kalian pgn berbagi ttg Tuhan jg, berbagilah pd mereka yang bener-bener ingin tahu dan bkannya yang dari awal ud menganggap diri mereka yang paling tahu coz ga bakal ada titik temunya, percuma aj. Nanti kalian malah berdebat & jadinya berantem. Ingat frase ini "Banyak yang terpanggil tp sedikit yang terpilih. Banyak yg mau tp sedikit yang bersedia." So kalo kalian ga perlu emosi kalau ada yg mnjelek2an kekristenan, jgn smpai kalian terprovokasi. Allah kita itu kuat. Allah sumber kuatku & Dia bkan Allah lemah yang pgn supaya kita bela dgn marah2. So kalian bs berpikir "Orang ini perlu urapan Tuhan" n doain aja dia.
2. Inget selalu frase ini "To understand God, we must stand under God."
3. Bacalah dgn meminta pimpinan Roh Kudus.

Tritunggal: Bapa, Putera dan Roh Kudus.
Di sini g lbih fokus menjelaskan dari segi kenapa daripada bagaimana. N ga semuanya bs g jelasin krn akal manusia itu terbatas so kalo ada pertanyaan "Mana mgkin c bs ada 3 pribadi dalam satu kesatuan?" Mgkin kita bs membuat analogi sederhana, misalnya kita di rumah sbg anak, di kampus sbagai pelajar n di kalangan tmen2 kita sebagai tmen. Tp klo kita liat di sini klo kita ada di kampus maka ga mgkin kita bs ada di rumah. Tp g yakin Tuhan itu Almighty n Dia bs melakukan yg kita ga bs.

Masalah yang paling bkin bngung itu biasanya ttg Bapa & Putera. Di sini hubungan Bapa & Putera itu sendiri ga sama seperti Zeus dan Hercules dalam mitologi Yunani. Hercules = 50% manusia dan 50% dewa. Yesus=100% manusia but 100% Tuhan jg.
Anggaplah seperti ini. Kalau kita melihat ada semut lagi mencari makanan. Kita liat ada donut di sebelah kanan kita n kita pgn ngasitw semut2 itu kalo ada donut di sana. Pertanyaannya kita mengerti n kita bs ngeliat kan posisi semut n donut itu dgn jelas? Tp masalahnya ada di pola pikir semut itu. Mereka ga bs ngerti perkataan kita.
Pertanyaan selanjutnya klo kita menjadi semut apakah kita bisa memberitahu mereka letak donut itu?
Ga bisa karena otak kita juga bakal jadi ky semut2 itu n kita jadi ga ngerti sm aja kaya mereka.
Jadi kita harus menjadi semut dgn mempertahankan akal manusia kita. Begitu juga Yesus menjadi manusia dgn mempertahankan keIlahianNya.

Pertanyaan selanjutnya untuk apa c Yesus mati di kayu salib?
Ingatlah kalau selain Maha Pengampun maka Allah kita jg Maha Adil so mesti ada sesuatu yang sebanding untuk menebus dosa kita n itu bkanlah perbuatan baik kita. Ga ckup.
Kita ditebus oleh darah-Nya yang mahal. Ingatlah upah dosa=maut
Yesus bener2 menebus dosa kita dgn mengalahkan maut itu sendiri. Dia bangkit pada hari yang ke-3. N saat Dia mengatakan "sudah selesai" berarti memang sudah selesai. Hukuman kita ditanggung oleh-Nya & dosa kita sudah dihapus oleh-Nya. Hubungan kita dgn Allah bukan lagi sbg hamba & Tuan tp sbg anak dan Bapa. Ini semua Dia lakukan karena begitu bsar kasih-Nya pada kita.

Jadi kita ga perlu perantara lain lagi. Kita bs langsung berdoa kepada Allah di dalam Yesus karena kita sudah menjadi kudus. Kita dikuduskan oleh Dia.


jesus sign

_________________




-If I do what I can do God will do what i can't do-

.: 夢幻の泥棒 :.

Kiyoharu_michael
DV administrator
DV administrator

Male
Number of posts : 298
Age : 27
Location : Batavia
Registration date : 2008-06-27

View user profile http://deus-vult.friendhood.net

Back to top Go down

Re: Holy Trinity

Post by aureaflamma on Tue Jul 08, 2008 4:11 pm

nice article...

g seneng dgn analogi semut tu

itu cara yg bgs bwt ngejelasin tritunggal

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 357
Age : 27
Location : Bandung
Registration date : 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Holy Trinity

Post by danz on Mon Jul 14, 2008 1:44 pm

hmm... gw suka penjelasan lw...
bakal banyak anak Tuhan yg bakal bisa jelasin tritunggal ke temen2 yg laen.

ada tapinya... gw g suka analogi semut dgn donat.
lebih bagus semut dengan gw. because gw kan manis...
michael lupa yah....

attracted

danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Holy Trinity

Post by Kiyoharu_michael on Mon Jul 14, 2008 3:53 pm

Manis di bibir, memutar kata... *ky pernah dgr lgu ni*
Ah back 2 topic bagus deh klo pd terbantu. Huehuehue... ehehe

_________________




-If I do what I can do God will do what i can't do-

.: 夢幻の泥棒 :.

Kiyoharu_michael
DV administrator
DV administrator

Male
Number of posts : 298
Age : 27
Location : Batavia
Registration date : 2008-06-27

View user profile http://deus-vult.friendhood.net

Back to top Go down

Re: Holy Trinity

Post by danz on Thu Jul 17, 2008 10:40 am

wkakakaka wahaha

gw lanjutin ah...

malah kau tuduh aku lah segala penyebabnya...

ayo sapa yg mau lanjutin lagi... nyahaha

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Holy Trinity

Post by aureaflamma on Thu Jul 17, 2008 7:01 pm

Mnurut gw poin plg penting adlh ttg sifat ke-Tuhanan Yesus. bener kt kiyoharu; Yesus itu memang Putra Tunggal Allah Bapa, tapi pd waktu yg sama Yesus juga manusia. 100% Tuhan dan 100% manusia. bayangkan sodara2, begitu besarnya cinta kasih Allah kepada kita, sehingga Ia mau menjadi 100% manusia!!

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 357
Age : 27
Location : Bandung
Registration date : 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Holy Trinity

Post by danz on Fri Jul 18, 2008 11:49 am

ok2

sebentar gw bayangkan dulu...

zzz

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Holy Trinity

Post by aureaflamma on Tue Jul 29, 2008 9:06 pm

mas danz membayangkanny ko lama bgt?
lalala

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 357
Age : 27
Location : Bandung
Registration date : 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Holy Trinity

Post by danz on Fri Aug 01, 2008 10:34 am

mas danz membayangkanny ko lama bgt?
mungkin karena begitu besar kasih Allah kepada kita.
jadi ampe skrg juga gw blom kelar bayanginnya..
dont

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Holy Trinity

Post by Sponsored content Today at 4:34 pm


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum