trend baju renang olimpiade

View previous topic View next topic Go down

trend baju renang olimpiade

Post by mowencen on Sun Aug 17, 2008 1:49 pm

Ketika Juni lalu perenang top Amerika Serikat, Michael Phelps, berlaga di Omaha, AS, pada nomor 100 meter gaya kupu-kupu, ia sempat berada di urutan kedua hingga saat membalikkan badan. Namun, pada 25 meter terakhir, Phelps melaju dan akhirnya memecahkan rekor dunia dengan catatan 51,04 detik.

Yang menarik, wartawan kemudian mengerubutinya dan bertanya soal baju renangnya, LZR Racer buatan Speedo. Padahal, yang paling dikejar Phelps menjelang Olimpiade Beijing 2008 adalah menggaet emas sebanyak mungkin dalam satu Olimpiade, mengambil alih rekor Mark Spitz dengan tujuh emas.

”Saya tak biasa ditanyai soal baju renang. Agak lucu,” kata Phelps, seperti ditulis majalah Newsweek bulan Juni itu.

Memang, sejak diluncurkan bulan Februari lalu, LZR (baca: laser) bikin heboh. Malah ada yang menyebutnya sebagai ”doping teknologi”. Tercatat 38 rekor dunia dipecahkan oleh atlet yang mengenakan baju renang berteknologi mutakhir ini. Sementara dalam kurun waktu yang sama, mereka yang memakai pakaian kompetitor cuma memecahkan tiga rekor dunia.

Tentu saja, begitu rekor dunia bertumbangan, dunia renang gempar. Mereka yang bernaung di bawah bendera kompetitor mulai melirik LZR, bahkan ada yang terang-terangan mencampakkan baju renang sponsor yang mendanainya.

Perenang Jepang, Kosuke Kitajima—peraih emas 100 meter dan 200 meter gaya punggung di Olimpiade Athena 2004—misalnya, memilih LZR, padahal tim Jepang terikat kontrak dengan Mizuno. Di Belanda, peraih tiga medali emas Olimpiade, Pieter van den Hoogenband, berminta memakai LZR kendati sudah menjalin ikatan dengan Nike.

Federasi renang di berbagai negara dibuat pusing oleh produksi terbaru Speedo. Perenang-perenang Jerman sempat menuntut federasinya untuk memutus kontrak dengan Adidas. Perenang Italia, Filippo Magnini, juga ingin beralih ke LZR. Alasannya, Arena—yang menjadi sponsor tim renang Italia—tak kunjung bisa membuat baju renang yang bisa membuatnya meluncur cepat di air.

Iklan gratis

Tak semua kompetitor Speedo bisa lapang dada menerima fakta bahwa LZR punya kelebihan khusus. Hitungan mereka adalah bisnis, bukan pencapaian atlet. Pengusaha mana yang rela melihat bisnisnya tergerogoti?

Gara-gara Kitajima diperkenankan memakai LZR dan memecahkan rekor dunia 200 meter gaya dada, misalnya, saham perusahaan Mizuno merosot 2,8 persen. Sementara harga saham di Goldwin—produsen yang membuat dan menjual produk Speedo di Jepang—melonjak 19 persen.

Menurut perusahaan riset pasar SportsOneSource, pangsa pasar Speedo naik 7 poin persen, menjadi 61 persen, sementara kompetitornya, TYR Sport Inc—produsen pakaian renang terbesar kedua—turun 1 pon persen, menjadi 21 persen. Hal serupa terjadi pada Nike yang merosot 9 poin, menjadi 11 persen.

Terpukau oleh performa atlet yang mengenakan LZR, pelatih kepala tim renang AS, Mark Shubert, ”menginstruksikan” atletnya yang ingin diikutkan ke Beijing untuk memakai Speedo. Padahal, di AS masing-masing atlet renang boleh mengikat perjanjian bisnis dengan produsen peranti olahraga mana pun.

Keruan, langkah Shubert membuat berang TYR Sport Inc. Gugatan hukum pun dilayangkan. Ada tiga pihak yang kena. Pertama, Warnaco, pemegang lisensi Speedo di Amerika Utara, yang dituding menghalangi perdagangan, melanggar undang-undang antimonopoli, dan melakukan kampanye iklan yang keliru. Pihak kedua yang digugat adalah pelatih kepala tim renang AS, Mark Shubert. Dan yang terakhir adalah atlet TYR, Erik Vendt, peraih emas Olimpiade yang kemudian beralih ke Speedo.

Bagi Speedo sendiri, kehebohan di luar adalah iklan gratis yang menjadi bahan bakar peningkatan penjualan. Maklum, Speedo sebetulnya juga bukan perusahaan raksasa. Penjualan tahunannya di AS cuma 250 juta dollar AS (Rp 2,3 triliun) dan di dunia 555 juta dollar AS (Rp 5,1 triliun), tak cukup besar untuk bermewah- mewah mengiklankan LZR di televisi menjelang Olimpiade.

Lebih ringan

Heboh soal baju renang LZR memang cukup panjang. Federasi Renang Amatir Internasional (FINA) pun turun tangan. Kepada harian Australia, Herald Sun, bulan Maret, Direktur Pelaksana FINA Cornel Marculescu meyakinkan bahwa LZR sudah disetujui FINA. Namun, mereka memang masih ingin mengajukan pertanyaan kepada produsennya tentang ketebalan bahan yang dipakai.

Baju renang LZR yang tanpa jahitan ini disebut-sebut bisa menurunkan gaya gesek di kolam sebesar 5 persen ketimbang produksi setahun sebelumnya. Yang menarik, bahan yang dipakai adalah kain yang bisa menghalau air. Washingtonpost.com menuliskan, Speedo mulai menciptakan LZR tahun 2005, dengan meminta sebuah pabrik kain kecil di Italia untuk bereksperimen dengan mengombinasikan spandex dan serat nilon. Hasilnya mengejutkan eksekutif Speedo, yang segera mematenkan dan memberinya nama LZR Pulse.

Bahan baru ini begitu ringan, 70 persen lebih enteng daripada baju renang lain. Namun, kompresinya 15 persen lebih baik. Praktis, bahan ini tidak menahan air. Baju renang Speedo yang lama, Fastskin, perlu waktu 16 jam untuk kering setelah dicelup satu jam dalam air. Sementara barang yang baru ini cuma butuh waktu 45 menit.

Speedo juga mengajak para peneliti Badan Angkasa Luar AS (NASA) untuk menguji kain yang gaya geseknya kecil. Di dalam terowongan angin—yang biasa dipakai untuk mendeteksi friksi permukaan pesawat angkasa luar saat masuk kembali ke atmosfer Bumi—diembuskan angin berkecepatan 100 km per jam ke arah sejumlah baju renang. Hasilnya, kain tercepat adalah yang dilapisi dengan polyurethane, sejenis bahan karet yang saat melintas di air memiliki hambatan lebih kecil ketimbang kain tanpa lapisan.

Apa pun yang telah dicapai Speedo lewat LZR, mungkin apa yang dikatakan Britta Steffen, perenang Jerman yang juga mantan pemegang rekor dunia, perlu diingat. ”Tanpa jumlah latihan yang tepat, baju renang terbaik di dunia sekali pun tak bakal menolong sama sekali,” katanya. Jadi, bagi dia, tak ada ”doping teknologi”.

mowencen
DV junior member-C
DV junior member-C

Number of posts : 34
Registration date : 2008-07-24

View user profile

Back to top Go down

Re: trend baju renang olimpiade

Post by Kiyoharu_michael on Sun Aug 17, 2008 3:22 pm

Wah... Ternyata baju renang ngaruh jg ya. Lagipula kenapa disebut doping ya? Pdhl pemain bola pun sepatunya ada macem2, ga adil dnk klo baju renang disebut doping teknologi.
bingung

_________________




-If I do what I can do God will do what i can't do-

.: 夢幻の泥棒 :.

Kiyoharu_michael
DV administrator
DV administrator

Male
Number of posts : 298
Age : 27
Location : Batavia
Registration date : 2008-06-27

View user profile http://deus-vult.friendhood.net

Back to top Go down

Re: trend baju renang olimpiade

Post by danz on Tue Aug 19, 2008 5:10 pm

menurut gw. doping teknologi disebut sebagai alasan cuma buat nurunin penjualan pabrik speedo.

lagi juga setau gw doping itu yg mempengaruhi metabolisme tubuh. kaya obat2 beta bloker, yg digunakan atlet biar g deg2an ato grogi.

pokoknya gw g setuju kl LZR di bilang doping.

angry

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: trend baju renang olimpiade

Post by felicita on Wed Aug 20, 2008 3:03 pm

Haahh??
ko bs s bju renang d sebut doping??
kn doping itu yg d sebutin ka danz.. knp k bju renang jd bs?? ga ngrti d..

lgian kn doping itu ga blh..

felicita
DV senior member-C
DV senior member-C

Female
Number of posts : 183
Age : 22
Location : Bandung
Registration date : 2008-08-04

View user profile

Back to top Go down

Re: trend baju renang olimpiade

Post by danz on Thu Aug 21, 2008 10:49 am

knp k bju renang jd bs??

hmm... kl menurut gw c, dari pada ngeributin pakaiannya. mending di buat suatu ketentuan yg jelas. jadi g saling tuduh2an n atlet juga g nyalahin kontrak yg dah di tanda tangan.

zzz

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: trend baju renang olimpiade

Post by felicita on Fri Aug 22, 2008 1:22 pm

Haahh??

tuduh2 an apah?? are

uaaa.. ga ngerti.. ko dr bju renang bs d bwat doping ya?? mang s bju renang nya d ksi sesuatu yg brbau doping.. nh mkanya jd trlarang..(maap klo ga ngrti gni).. nangis

felicita
DV senior member-C
DV senior member-C

Female
Number of posts : 183
Age : 22
Location : Bandung
Registration date : 2008-08-04

View user profile

Back to top Go down

Re: trend baju renang olimpiade

Post by danz on Sat Aug 23, 2008 1:56 pm

mang baju renang mahkluk hidup dikasih doping??

g lah... baju renang bukan doping menurut gw. itu cuma pernyataan org2 yg tidak bertanggung jawab aja. yg g bisa di buktikan secara ilmiah...

capedeh

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: trend baju renang olimpiade

Post by aoedie on Sun Aug 31, 2008 11:50 am

Baju renang LZR yang tanpa jahitan ini disebut-sebut bisa menurunkan gaya gesek di kolam sebesar 5 persen ketimbang produksi setahun sebelumnya.

kalau menurutku, baju renang ini disebut doping karena memberi kekuatan pada si pemakainya yang bikin dia lbh cepet brenangnya.. bukan arti doping secara harafiah yang di maksud sama yang bikin iklan ini kayaknya...

Wah... Ternyata baju renang ngaruh jg ya. Lagipula kenapa disebut doping ya? Pdhl pemain bola pun sepatunya ada macem2, ga adil dnk klo baju renang disebut doping teknologi

yup, baju renang ini ngaruh banget ma laju renang seseorang.. spatu juga sama.. pokoknya, semua yang kita pake itu sedikit ngaruh ke kegiatan olahraga, mungkin bisa bikin lebih nyaman, jadi geraknya lebih leluasa??? fyi

aoedie
DV moderator
DV moderator

Female
Number of posts : 164
Age : 23
Location : bandoenk
Registration date : 2008-07-12

View user profile

Back to top Go down

Re: trend baju renang olimpiade

Post by aureaflamma on Sun Aug 31, 2008 5:26 pm

iya kalo stau gw c baju renang utk atlet emang didesain sedemikian rupa biar mengurangi gaya gesek ketika berenang. slaen itu smakin aerodinamis jg mkn baik.

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 357
Age : 27
Location : Bandung
Registration date : 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: trend baju renang olimpiade

Post by aoedie on Tue Sep 02, 2008 9:10 pm

nah... itu dia..
doping ndiri kan artinya bukan hanya menunjuk obat, tapi segala sesuatu yang menunjang&mendukung sesuatu... mungkin gt sih...

aoedie
DV moderator
DV moderator

Female
Number of posts : 164
Age : 23
Location : bandoenk
Registration date : 2008-07-12

View user profile

Back to top Go down

Re: trend baju renang olimpiade

Post by danz on Thu Sep 04, 2008 8:54 am

tapi itu bukannya kemajuan teknologi?
bagus kan kl teknologi maju. knp g sekalian telanjang aja para atletnya biar g ada kontrofersi.

gw bingung kadang2. kl ada seseorg yg prestasinya bagus dikit pasti langsung ada kontrofersinya.

tatapan membunuh

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: trend baju renang olimpiade

Post by aureaflamma on Thu Sep 04, 2008 10:14 pm

itu karena manusia gampang iri, bang mod danz. sifat manusia yg uda nampak sejak jaman kain n habel....

btw klo telanjang bknny justru kontroversi gede yak... wakakakak...

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 357
Age : 27
Location : Bandung
Registration date : 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: trend baju renang olimpiade

Post by aoedie on Sat Sep 06, 2008 7:51 am

kalo telanjang, emank mungkin ga akal ada gesekan antar aer, tapi gesekan di mental!!!! malu dunk kalo brenang tlanjang, di siarin ke sluruh dunia... wew... ntar masuk angin lagi... hehe grins

aoedie
DV moderator
DV moderator

Female
Number of posts : 164
Age : 23
Location : bandoenk
Registration date : 2008-07-12

View user profile

Back to top Go down

Re: trend baju renang olimpiade

Post by felicita on Sat Sep 06, 2008 10:55 am

haaah??
gile aja..!! shock2
msa brenang dngan keadaan tnpa sandang??

jd mksud "doping yg mendukung k sesuatu" .. mndukung apanya??

jd mndukung biar s atlet bs menang?? zzz

felicita
DV senior member-C
DV senior member-C

Female
Number of posts : 183
Age : 22
Location : Bandung
Registration date : 2008-08-04

View user profile

Back to top Go down

Re: trend baju renang olimpiade

Post by aoedie on Sun Sep 07, 2008 12:21 pm

jd mksud "doping yg mendukung k sesuatu" .. mndukung apanya??

hm.. bukan bisa menang juga ya.. tapi... itu hanya pemilihan kata aja sih sebenernya... jadi si baju renang ini membantu supaya si atlit bisa bergerak lebih enak..

jd mndukung biar s atlet bs menang?
yah.. bisa di bilang bgt jg seh sebenernya...

aoedie
DV moderator
DV moderator

Female
Number of posts : 164
Age : 23
Location : bandoenk
Registration date : 2008-07-12

View user profile

Back to top Go down

Re: trend baju renang olimpiade

Post by felicita on Mon Sep 08, 2008 12:01 am

howwhh.. he

jd gr2 gni d sbut doping??
ko aneh s??! kn lgian sang atlet msh berenang ma kaki tangannya.. ga pke alat penambah kcepatan..

jd ni ga temasuk licik kn??

felicita
DV senior member-C
DV senior member-C

Female
Number of posts : 183
Age : 22
Location : Bandung
Registration date : 2008-08-04

View user profile

Back to top Go down

Re: trend baju renang olimpiade

Post by danz on Mon Sep 08, 2008 6:04 pm

wakakakaka....

truz kira2 ada saran g buat baju renang yg penuh dgn kontroversial ini..??
bingung

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: trend baju renang olimpiade

Post by felicita on Wed Sep 10, 2008 12:56 am

ya sarannya.. si pihak lain itu jngan lsg asal tuduh klo bju renang itu doping dll dung... he
toh s atlet pke bju renang ni ga ad larangannya kn? smpai ad suatu pihak yg membuat julukan "doping" ni..

haha..tp felicita slalu mengarang.. monyet

felicita
DV senior member-C
DV senior member-C

Female
Number of posts : 183
Age : 22
Location : Bandung
Registration date : 2008-08-04

View user profile

Back to top Go down

Re: trend baju renang olimpiade

Post by Sponsored content Today at 3:06 am


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum