Puncak Hujan Meteor Perseid

Page 1 of 2 1, 2  Next

View previous topic View next topic Go down

Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by mowencen on Tue Aug 12, 2008 9:00 am

Hujan meteor Perseids akan kembali hadir menyuguhkan kembang api alami di langit malam. Puncaknya diperkirakan akan tejadi nanti malam hingga Selasa (12/8) dini hari.

Pertunjukan hujan meteor Perseids akan dimulai sekitar pukul 23.00 WIB dekat Rasi Perseus yang terbit dari arah Timur Laut. Nama Perseids sendiri memang diambil dari rasi bintang tersebut. Komet-komet Perseids juga selalu muncul dari arah rasi tersebut yang bergerak dari arah timur laut ke barat sepanjang malam hingga pagi hari.

Meteor-meteor tersebut berasal dari serpihan debu ekor komet 109P/Swift-Tuttle yang masuk ke atmosfer Bumi. Komet yang ditemukan pertama kali pada tahun 1862 itu mengelilingi Matahari setiap 130 tahun sekali. Setiap pertengaha Agustus, Bumi melintasi orbitnya yang mengandung sisa-sisa ekornya yang ditinggalkan.

Sayang, di awal pertunjukan kali ini cahaya bulan sedang mendekati fase purnama sehingga sedikit mengganggu munculnya kilatan meteor. Pengamatan paling baik setelah pukul 02.00, Selasa (12/8) dini hari, begitu bulan tenggelam.

Pada puncaknya, rata-rata dapat terlihat antara 50-60 meteor setiap jam. Jika beruntung, pengamat yang berada di daerah yang gelap gulita dan langit cerah bahkan dapat melihat antara 90-100 meteor setiap jam.

Hujan meteor Perseids merupakan salah satu fenomena yang ditunggu-tunggu setiap tahun. Meskipun melesat lebih cepat dibandingkan meteor lainnya yakni dengan kecepatan 60 kilometer perjam, kilatan meteornya terkenal sangat terang dengan cahaya yang panjang.

ada yang liat ga?
ada yang mengabadikan ga?
pengen liat dong...[wow][/wow]

mowencen
DV junior member-C
DV junior member-C

Number of posts : 34
Registration date : 2008-07-24

View user profile

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by aureaflamma on Tue Aug 12, 2008 11:10 am

yaaaaaah ga liaaaaaat....
nangis

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 357
Age : 27
Location : Bandung
Registration date : 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by Kiyoharu_michael on Tue Aug 12, 2008 6:16 pm

Sm ngga liat... mewek

_________________




-If I do what I can do God will do what i can't do-

.: 夢幻の泥棒 :.

Kiyoharu_michael
DV administrator
DV administrator

Male
Number of posts : 298
Age : 27
Location : Batavia
Registration date : 2008-06-27

View user profile http://deus-vult.friendhood.net

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by felicita on Wed Aug 13, 2008 3:50 pm

Huaaaaaaaaaa... hah

br bca threadnya..

dh gt ga liaat jg...

emg mlintas k seluruh belahan bumi??

felicita
DV senior member-C
DV senior member-C

Female
Number of posts : 183
Age : 22
Location : Bandung
Registration date : 2008-08-04

View user profile

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by Kiyoharu_michael on Wed Aug 13, 2008 5:57 pm

Ada di youtube ga ya? Mgkin bs diupload? semangat

_________________




-If I do what I can do God will do what i can't do-

.: 夢幻の泥棒 :.

Kiyoharu_michael
DV administrator
DV administrator

Male
Number of posts : 298
Age : 27
Location : Batavia
Registration date : 2008-06-27

View user profile http://deus-vult.friendhood.net

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by felicita on Wed Aug 13, 2008 6:52 pm

yeaahh!!

klo ada cihuuy!!..

felicita
DV senior member-C
DV senior member-C

Female
Number of posts : 183
Age : 22
Location : Bandung
Registration date : 2008-08-04

View user profile

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by danz on Fri Aug 15, 2008 1:32 am

Gw aja yg tiap malem melek aja g liat.
Wakakakka...
Wah 130taon lg gw msh idup g y?

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by felicita on Fri Aug 15, 2008 2:05 pm

umm.. brdoa ajah ma Tuhan.. tp ntar klo d kabulin jg kn ntar yg laen nya udh pd d alm sana.. smntara ka danz msh setia hdup d bumi dmi mliat se cercah Meteor Perseid.. weeek

Tp wktu itu udh nyari d You Tube.. tp ga yakin itu t yg Meteor Perseid..

felicita
DV senior member-C
DV senior member-C

Female
Number of posts : 183
Age : 22
Location : Bandung
Registration date : 2008-08-04

View user profile

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by aureaflamma on Fri Aug 15, 2008 11:00 pm

di youtube adanya perseid yg 2007...

emang tiap taun muncul ya...

are

klo komet halley tu kyny kita masi smpt liat, mncl lg taun 2061

mdh2an Tuhan kasi kita smuah umur panjang....
amen

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 357
Age : 27
Location : Bandung
Registration date : 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by danz on Sat Aug 16, 2008 5:15 am

Taun 2061 mata dh rabun x. Boro2 ngeliat meteor. Liat duit aja susah bedain.
Gpp hdp dbumi asl Tuhan brkenan. Dr pd msk surga tp Tuhan ngedumel.
Hakhakhakhak...

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by felicita on Sat Aug 16, 2008 8:36 pm

Ya msa Tuhan ngijinin ka danz msuk surga tp nge dumel.. itu kn nmanya ga ikhlas dong..

tahun 2061 kita udh jd manula ya??

tp kn msh bs nikmatin Meteor Perseid..

felicita
DV senior member-C
DV senior member-C

Female
Number of posts : 183
Age : 22
Location : Bandung
Registration date : 2008-08-04

View user profile

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by aoedie on Sun Aug 17, 2008 7:29 pm

..
ada kah yang pernah melihat meteor?? ceritakan donk, kayak apa.. aku belm pernah liat...

iya2 felicita.. brarti kita masih bisa liat dunk!!!!!

hahaha, senangnya masih berusia muda... hehe xixixi

aoedie
DV moderator
DV moderator

Female
Number of posts : 164
Age : 23
Location : bandoenk
Registration date : 2008-07-12

View user profile

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by danz on Tue Aug 19, 2008 5:13 pm

ada kah yang pernah melihat meteor?? ceritakan donk, kayak apa.. aku belm pernah liat...

kl blm pernah liat meteor liat aja mie telor. pasti mirip.
hakkhakhakhkahkah...

weeek

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by felicita on Wed Aug 20, 2008 2:52 pm

Haahh?? emg ap miripnya meteor ma mie telor?? bingung
kn meteor mh cling cling jatoh n brcahaya..srta dpt mngabulkan prmintaan..
klo mie telor mh keriting2 ga jlaz trus ad tmbhan telor d atasnya..n bknnya ngabulin prmintaan.. mlh jd laper.. rain

humm.. klo mw liat meteor k boskei ajah..ato ga k lembang..
kn pas gw k boskei kta s pnjaganya sk ad meteor muncul scr ajaib d ats jam 12 mlm..gt lho.. tp syangnya wktu itu ga smpe jam 12 mlm..hiks..hikss.. nangis

felicita
DV senior member-C
DV senior member-C

Female
Number of posts : 183
Age : 22
Location : Bandung
Registration date : 2008-08-04

View user profile

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by danz on Thu Aug 21, 2008 10:53 am

yahh mirip2 aja kata2nya mie telor n meteor. mending juga liat gw ketimbang liat meteor.

nyahaha

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by felicita on Fri Aug 22, 2008 1:05 pm

hehehehe.. dsar ka2 danz.. menarsis kn drinya sndr nie..
mnding mkan mie telornya dong.. monyet

felicita
DV senior member-C
DV senior member-C

Female
Number of posts : 183
Age : 22
Location : Bandung
Registration date : 2008-08-04

View user profile

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by aoedie on Fri Aug 22, 2008 10:22 pm

tuh kannnnnnnnn

nona felicita mulai ga conect..

hahaha.. dasar!!!
seriusan ah!!!
pengen liat meteorrrrrrrrrrrrrrrr

btw, sedikit oot nih, kenapa ya, skg bang2 kita di forum ini ga aktif??? kok cuma anak2 mudanya aja yang aktip?? ada apakah gerangan??????

kembali ke topik.

mending liat muka saya drpd liat muka kk...

hehe, just kiding, biar sehat...

aoedie
DV moderator
DV moderator

Female
Number of posts : 164
Age : 23
Location : bandoenk
Registration date : 2008-07-12

View user profile

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by Kiyoharu_michael on Fri Aug 22, 2008 10:49 pm

Koq topiknya jadi liat muka? Hahah... Klo gt g mirip meteor dunk? Kan bersinar gt cling2... Kekerenan 200% jadi dazzling deh... flattered
Oh iya gpp lah sdikit OOT haha... Yang penting enjoy aj n ga rusuh. Admin yang baik tidak akan memasang kuk yang berat.
Klo soal ga aktif, ehm... Maklum kan uda ada yg kerja, lg kena lmbur x. wahaha Tp kan blm lewat sminggu koq, emg pada ngangenin c ya? happy
Ngmg2 knapa dinamain Perseid ya? *back to topic yang bener*

_________________




-If I do what I can do God will do what i can't do-

.: 夢幻の泥棒 :.

Kiyoharu_michael
DV administrator
DV administrator

Male
Number of posts : 298
Age : 27
Location : Batavia
Registration date : 2008-06-27

View user profile http://deus-vult.friendhood.net

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by felicita on Sat Aug 23, 2008 12:51 pm

Hujan meteor Perseid merupakan peristiwa tahunan yang terjadi saat orbit Bumi berpotongan dengan kumpulan debu yang terlepas dari ekor Swift-Tuttle. Saat batu-batu angkasa tertarik gravitasi Bumi, gesekan dengan atmosfer pada kecepatan tinggi membuatnya terbakar sehingga terlihat sebagai kilatan cahaya di langit. Bahkan, meteor yang berukuran besar mungkin dapat menghasilkan sebagai bola api atau cahaya yang panjang dan berwarna-warni seperti terlihat tahun-tahun sebelumnya.

Komet Swift-Tuttle sendiri ditemukan pertama kali pada 1862 oleh dua orang astronom AS, Lewis Swift dan Horace Tuttle. Komet yang memiliki periode orbit 130 tahun ini terakhir terlihat pada tahun 1992 dan baru akan kembali pada tahun 2126. Namun, jejaknya dapat diikuti setiap tahun. Tahun ini, fenomena tersebut sebenarnya sudah terjadi sejak Juli dan dapat disaksikan hingga September tapi puncaknya pertengahan Agustus ini.

Diberi nama hujan meteor Perseid karena selalu muncul dari arah rasi bintang Perseus. Tahun ini, fenomena tersebut dapat dilihat di belahan langit arah Timur Laut. Meteor akan muncul dari satu titik radiant di dekat Mirfak, bintang paling terang di rasi Perseus. Di sebelah timur loasi hujan meteor, Anda juga dapat melihat gugusan bintang Pleides yang terlihat seperti berkabut sehingga sering disebut juga ’lintang kemukus’. Peristiwa ini dapat diamati di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

felicita
DV senior member-C
DV senior member-C

Female
Number of posts : 183
Age : 22
Location : Bandung
Registration date : 2008-08-04

View user profile

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by danz on Sat Aug 23, 2008 1:53 pm

wah2 kk felicita pinter euy...

plok...plok...plok...plok....

clap

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by aureaflamma on Sun Aug 24, 2008 7:50 am

aoedie wrote:btw, sedikit oot nih, kenapa ya, skg bang2 kita di forum ini ga aktif??? kok cuma anak2 mudanya aja yang aktip?? ada apakah gerangan??????

krn uda mule kuliah... ihik2 jd rada sibuk...

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 357
Age : 27
Location : Bandung
Registration date : 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by aoedie on Sun Aug 24, 2008 3:25 pm

cie... nona felicita.. salut2

owh... gt ya.. kasian.. hahaha, senangnya anak muda.. masi bisa main komp tanpa cekot2.. hahaha claps

aduh, inginnya aku melihat meteor... apalagi bintang jatuh!!! hiaaaaaaa

aoedie
DV moderator
DV moderator

Female
Number of posts : 164
Age : 23
Location : bandoenk
Registration date : 2008-07-12

View user profile

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by aureaflamma on Sun Aug 24, 2008 9:39 pm

ke observatorium boscha aj (tp ktny di sn skrg jg uda ssh liat bintang, gara2 lampu malam kota bandung yg telalu terang) ato ngga ke planetorium di taman ismail marzuki (palsu c tp lumayan lah)

btw masi bk ga c planetorium tmn ismail marzuki? trakir g ke sana pas tk soale...

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 357
Age : 27
Location : Bandung
Registration date : 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by danz on Mon Aug 25, 2008 9:56 am

btw masi bk ga c planetorium tmn ismail marzuki? trakir g ke sana pas tk soale...

masih. tapi bukan tempat buat liat bintang2 lagi. tapi sekarang di dominasi anak2 muda buat nongkrong2. secara di situ dkt IKJ (institus kesenian jakarta). ditambah lagi ada bioskop di situ. lengkaplah sudah.
rain

_________________
Seorang hamba tidak peduli siapa yang memperoleh kemuliaan, yang dia tau hanya menyelesaikan pekerjaannya.


danz
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 459
Age : 27
Location : Jakarta City
Registration date : 2008-07-14

View user profile

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by aureaflamma on Mon Aug 25, 2008 7:30 pm

wah sayang banget.... pdhl klo ga slh itu 1-1ny planetorium yg kita pny ya? ato uda ada yg baru?

_________________
"If I am not (in God's grace), may God put me there; and if I am, may God so keep me."
~St. Joan of Arc
1431 AD

Ad Maiorem Dei Gloriam

aureaflamma
DV moderator
DV moderator

Male
Number of posts : 357
Age : 27
Location : Bandung
Registration date : 2008-06-28

View user profile http://en.wikipedia.org/wiki/User:Auriflambe

Back to top Go down

Re: Puncak Hujan Meteor Perseid

Post by Sponsored content Today at 3:02 am


Sponsored content


Back to top Go down

Page 1 of 2 1, 2  Next

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum